Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Mengatasi konflik dalam dinamika kelompok

Mengatasi konflik dalam dinamika kelompok

Diposting pada 10 January 2017 oleh admin
konflik manajemen

Konflik dalam dinamika kelompok

Kata konflik adalah sebuah kata yang mengandung banyak rasa penasaran dan terdengar mengasyikkan serta seru. Namun sebuah konflik bisa dijadikan sebuah pengalaman yang luar biasa yang didalamnya banyak mengandung pembelajaran serta esensi yang luar biasa.

Konflik yang terjadi antara individu dalam suatu kelompok (tim,departemen,perusahaan dsb) adalah konflik dalam kelompok,sedangkan konflik antarkelompok melibatkan lebih dari satu kelompok (beberapa tim,departemen,perusahaan dsb).Aspek kelompok menambah kerumitan konflik.Setiap orang tidak hanya harus mengatasi konflik dalam dirinya dan konflik antara dia dengan orang lain, dia juga harus berhadapan dengan keseluruhan interaksi dengan semua pelaku yang terlibat.Sering terjadi, konflik antar kelompok terus berjalan sendiri dan persoalan menjadi tambah besar karena politik, desas desus dan hasutan. Persoalan yang bertambah banyak ini menciptakan lapisan kerumitan bgi setiap konflik.

Konflik antar kelompok adalah konflik yang paling rumit dan cukup serius bagi perusahaan. Setiap kali konflik bertambah panas dan menyebar di antara kelompok,desas-desus dan gunjingan akan membawa kekacauan yang akhirnya merusak anda dan perusahaan.
Saat yang paling baik untuk menghadapi konflik adalah saat jumlah orang yang terlibat dalam jumlah kecilnya. Langkah pertama yang terbaik adalah memilah milah konflik itu dan mengidentifikasi akibatnya bagi anda pribadi,individu dan perubahan skala konflik yang terfokus menjadi tersebar,konflik menjadi lebih luas dan melibatkan banyak orang walaupun awalnya berasal dari lokal saja.

Persoalan semakin rumit dan menuntut banyak pemecahannya juga biasanya dikarenakan jumlah banyak orang yang terlibat. Bila pihak yang terlibat semakin banyak maka kita akan tahu bahwa kerugian yang terjadi akibat konflik akan semakin besar pula.Jika konflik telah anda ketahui, kita dapat memilih tehnik apa yang tepat untuk mengatasi konflik tersebut.

Memahami konflik adalah bagaimana memahami sebab dan akibatnya penting sekali untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan pribadi dan profesional.Kemampuan beinteraksi secara efektif dengan orang lain untuk membangun kerjasama dalam segala situasi.
Pada dasarnya bila ada perbedaan pendapat atau tindakan yang dipertimbangkan dalam satu buah peristiwa maka konflik bisa terjadi.Konflik tidak berarti berseteru, meskipun situasi ini dapat menjadi bagian dari situasi konflik.

Dalam sebuah program konflik memang sengaja di timbulkan atau dihadirkan. Karena konflik bila dikelola akan memberikan manfaat bagi tim dan individu. Adapun manfaat positif dari konflik adalah :
1. Motivasi meningkat.
2. identifikasi masalah/ pemecahan meningkat.
3. Ikatan kelompok lebih erat.
4. Penyesuaian diri pada kenyataan.
5. Pengetahuan/ketrampilan meningkat.
6. Kreativitas meningkat.
7. Membantu upaya mencapai tujuan.
8. Mendorong pertumbuhan.

Semua manfaat ini tidak akan terwujud, jika konflik dibiarkan saja atau diatasi dengan cara cara yang tidak tepat.

Oleh karena itulah maka sebuah konflik yang terjadi didalam sebuah tim bisa menjadi sebuah tolak ukur yang positif bagi tim tersebut bahwasannya tim tersebut memiliki sebuah dinamika yang luar biasa. Namun bisa jadi sebuah konflik akan menjadi sebuah hal yang negatif bahkan merugikan dan samapi membuat sebuah tim  hancur berantakan dikarenakan konflik yang tidak menemukan titik penyelesaian yang baik sehingga konflik tidak menjadi pembelajaran yang baik dan memajukan.
Mengatasi sebuah konflik berarti memberikan sebuah pembelajaran yang memiliki esensi yang bisa dijadiakn tim itu pembelajaran untuk menjadi lebih baik. Inti dari mengatsi sebuah konflik adalah sebuah penjelasan dan penanganan akan penyelesaian untuk kepentingan bersama dan untuk memahamkan akan sebuah tujuan dari tim ini dibentuk dan bagaimana menghormati tiap individu yang ada dalam tim tersebut.

 

Bagikan informasi tentang Mengatasi konflik dalam dinamika kelompok kepada teman atau kerabat Anda.

Mengatasi konflik dalam dinamika kelompok | Outbound di Batu Malang

Belum ada komentar untuk Mengatasi konflik dalam dinamika kelompok

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami

Widget Area Footer Left

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!

Widget Area Footer Middle

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!

Widget Area Footer Right

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan