Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Leadership Games ( Kata Simon )

Leadership Games ( Kata Simon )

Diposting pada 8 May 2017 oleh admin

Sebuah kegiatan atau tantangan berkelompok yang bisa dilakukan di dalam atau di luar ruangan dengan jumlah peserta sekitar 20-40 orang atau lebih. Dengan durasi waktu kegiatan antara 15-25 menit dan bisa lebih.

outbound di batuDiskripsi atau gambaran situasi kegiatannya adalah fasilitator meminta kepada seluruh peserta pelatihan untuk berdiri dan membuat lingkaran. Fasilitator memberikan perintah kepada para peserta untuk melaksanakannya asalkan perintah tersebut juga disertai kata kunci. KATA SIMON adalah key wordnya tanpa menyebutkan kata kunci tersebut maka perintah tidak boleh dijalankan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih kepekaan dan perhatian secara khusus sebagai salah satu syarat menjadi seorang pemimpin atau leader.

Cara permainannya adalah seluruh peserta di bagi menjadi beberapa kelompok kecil dan untuk membedakan setiap kelompok makan tiap kelompok memiliki tanda yang berbeda  seperti syal atau tali pita. Kemudian peserta diminta untuk berdiri dan membentuk formasi lingkaran. Setiap baris harus berselang seling antara tiap kelompok.

trainer kemudian memberikan instruksi bahwa semua peserta diminta untuk melakukan gerakan yang diperintahkan oleh trainer dengan keyword KATA SIMON. Jika perintah tidak didahului dengan KATA SIMON maka tidak berlaku. Mereka tidak boleh melakukan gerakan apapun. Jika perlu trainer memberikan contoh terlebih dahulu atau percobaan oleh peserta, agar peserta bisa mengerti dan paham.

Misalkan KATA SIMON, hadap kanan maka semua peserta menghadap ke kanan. KATA SIMON : hadap kiri maka semua peserta hadap kiri. Jika ada peserta yang belum melakukannya maka trainer meminta peserta tersebut untuk melakukan gerakan yang diperintahkan tersebut. Begitu contoh atau sesi percobaan dilakukan, trainer menanyakan lagi kepada peserta apakah mereka semua telah mengerti.

Apabila permainan sudah dimulai maka peserta yang salah harus mundur dari formasi lingkaran dan tidak boleh mengikuti kegiatan kata simon selanjutnya. Bisa jadi dalam satu dua perintah ada beberapa orang yang melakukan kesalah dan mundur dari formasi lingkaran tersebut.

Keyword dalam permainan ini mencerminkan hal – hal yang prosedural di sebuah organisasi atau perusahaan. Prosedural bisa berupa prasyarat,aturan perusahaan sampai pada ketentuan yang berlaku yang diberlakukan untuk setiap klien yang wajib dilaksanakan secara baku.

Ada dua aspek pembahasan dalam hal ini. Kalau ditarik sebuah garis pemisah maka akan ada du macam aturan di perusahaan, yaitu peraturan yang bersifat normatif dan peraturan khusus. Peraturan normatif adalah sesuatu yang mendasar dan berlaku umum dimana – mana. Peraturan tersebut tentunya mencamtumkan ketentuan dan saksi (apabila tidak dipatuhi). Seorang pekerja harus ijin jika tidak bisa masuk kerja. Jika lima hari berturut-turut tidak masuk kerja tanpa ada pemberitahuan maka peserta tersebut dianggap mengundurkan diri. Ada juga peraturan yang dibuat khusus misalnya karyawan yang masuk malam keluar melalui depan pintu hal ini tentu diperlakukan seperti diperusahaan lain.

sebagai seorang yang berjiwa pemimpin, menaati suatu aturan merupakan hal yang baku. Pemimpin secara otomatis akan menjalakannya. Bahkan, seseorangf harus berjiwa disiplin, menaati rambu rambu di perusahaan. Seorang leader akan mersa risih bahkan seperti memiliki penyesalan mendalam jika melakukan pelanggaran, apalagi secara disengaja atau berkelanjutan. Peraturan yang dituruti dan dijalankan adalah peraturan yang bersifat normatif dan peraturan lokal karena merupakan suatu ketentuan yang prosesd pembuatannya biasanya melalui kesepakatan berbagai pihak.

Sebuah proses tentang hak dan kewajiban dimana adanya taati peraturan dan melanggar peraturan dan bagaiman proses menjadi pemimpin dan yang dipimpin dimana sebuah aturan mana yang harus ditaati dan tidak. Didalam kegiatan ini peserta belajar untuk menerima konsekuensi dan belajar bagaimana mengemban sebuah tanggung jawab. Serta sebuah reward yang pantas diterima oleh seorang peserta yang menjadi terbaik di kegiatan ini.

Dikutip dari buku Leadership games untuk pelatihan Manajemen Karya Adi Soenarno

Bagikan informasi tentang Leadership Games ( Kata Simon ) kepada teman atau kerabat Anda.

Leadership Games ( Kata Simon ) | Outbound di Batu Malang

Belum ada komentar untuk Leadership Games ( Kata Simon )

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami

Widget Area Footer Left

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!

Widget Area Footer Middle

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!

Widget Area Footer Right

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan