Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Leadership Game ( Lempar Gelang )

Leadership Game ( Lempar Gelang )

Diposting pada 15 June 2017 oleh admin

Salah satu tantangan di outbound di malang adalah lempar gelang. Sebuah game atau tantangan yang bisa kita mainkan untuk meningkatkan mental leadership kita. Tantangan ini berformat beregu bisa dilakukan didalam dan diluar ruangan dengan waktu berkisar 15 sampai 30 menit dengan menggunakan bahan bahan gelang plastik,botol dengan tiga ukuran berbeda yang masing masing tiap ukuraoutbound di malangn tiga botol (total 9 botol ). Dengan jumlah peserta 9 – 60 orang.

Deskripsi kegiatannya setiap anggota tim diberi kesempatan untuk melemparkan gelang supaya masuk ke botol yang sudah ditata mulai 2 meter sampai 3,5 meter dari sang pelempar. Tim yang mencapai skor tertinggi akan menjadi pemenangnya.

Tujuan dari tantangan ini untuk menyadari kelebihan dan kekurangan anggota tim, potensi dan kelemahan. seorang yang berjiwa pemimpin akan bisa mengoptimalkan masing masing anggota menjadi tim yang solid.

Prosedur permainannya, sebelum permainan dimulai, fasel telah menyiapkan tiga botol softdrink ukuran satu liter, tiga buah botol softdrink dengan ukuran 600 ml, dan tiga botol lagi dengan ukuran 400ml tiap botol sudah diisi dengan air sebagai pemberat dan botol tidak mudah jatuh. Tiga botol yang kecil diletakkan paling depan, botol botol yang tanggung ada di tengah, jaraknya sekitar 20 cm dari botol kecil dan tanggung dan botol botol yang besar ada dibagian belakang. Nantinya peserta akan di berikan kesempatan melempar gelang ( disediakan sebanyak 5 buah gelang) dari jarak 2,5 – 3 meter sehingga botol botol yang paling kecil berada dekat sekali dengan pelempar, botol yang sedang jaraknya agak jauh dan botol botol  yang paling besar jaraknya paling jauh.

Jika semua alat sudah siap, peserta diminta berbaris sesuai dengan timnya. setiap peserta didalam tim memiliki kesempatan melempar sebanyak lima kali. Jika ada lima anggota dalam satu tim berarti kesempatan melempar satu tim tersebut adalah 5 x 5 orang, yaitu 25 kali melempar gelang. Fasel menunjukkan jika gelang bisa masuk ke botol besar maka tim akan mendapatkan skor 100, botol sedang skor 60 dan botol kecil skornya 30. Hasil lemparan tim nantinya diakumulasi tim yang mendapatkan skor paling tinggi akan keluar sebagai pemenang. Dalam pelaksanaannya ada peserta yang memilih botol paling kecil karena jaraknya paling dekat, ada juga yang memilih botol yang posisinya ditengah karena ukuran botol agak besar dan tidak terlalu jauh. Namun ada juga yang mati matian berusaha mendapatkan sasaran botol yang besar. Karena skornya paling besar tidak peduli walaupun jaraknya paling jauh.

Pembahasan apa yang bisa ambil dari tantangan ini, pemimpin harus mempunyai target. Itu adalah pernyataan klasik yang tetap berlaku sampai saat ini. Sama seperti permainan diatas, ada yang memasang target mudah, target realistis, dan ada yang memasang target besar. paling ideal seseorang tentunya menargetkan yang paling besar dan mendapatkan hal yang besar pula. Namun dalam realitanya banyak pemimpin harus belajar membaca situasi apakah sarannya realistis? apakah kemampuannya ada? apakah ia sanggup? dan seterusnya.

Satu hal yang perlu dicatet terlabih dahulu, pememimpin harus mempunyai sasaran tembak. Tidak peduli apakah sasaran itu dekat, menengah atau jauh sekalipun, apakah itu sasarannya kecil tetapi mudah dicapai, sasaran prestasi agak berat tapi masih mungkin dicapai tatu sasaran prestisius walaupun tidak tercapai tapi tetap menjadi elit didalam yang terbaik. Terjelek adalah ketika bingung menentukan sasaran tembak sehingga harus membidik diantara dua sasaran, akibatnya jelas melenceng dari sasaran.

Proses belajar adalah cara sempurna untuk mencapai sukses, benarkah demikian? jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Ya, kalau orang tersebut diyakinkan dengan pelaku terdahulu yang selalu sukses dengan gemilang sehingga menjadi suri tauladan dan bisa ditiru. Tidak, jika dalam proses, pembelajar tidak cukup cekatan dalam mengambil hikmah dari pembelajaran yang dilakukan pendahulunya. Kembali seperti halnya permainan atau tantangan yang kita lakukan bila ada orang yang memakai cara tertentu untuk memasukkan gelang dan dia sukses maka cara tersebut akan ditiru oleh orang lain. Jika gagal maka orang lain akan mencoba cara lain atau langkah lain yang berbeda dengan cara pendahulunya yang salah tersebut. Ada orang yang selalu sukses dengan gaya khusus tetapi ketika ditirukan orang lain orang yang meniru itu gagal atau tidak berhasil. Ini yang disebut dengan keahlian khusus, yang bila diterapkan oleh orang lainbelum tentu memperoleh hasil yang sama baiknya.

Dalam pekerjaan sehari hari bisa dilihat apabila ada keraguan dalam bertindak atau membidik sebuah target maka kemungkinan besar target tersebut tidak bisa tercapai. Perancangan target yang terlalu muluk juga tidak akan memberikan solusi yang prima. Bisa juga orang mencoba dengan target yang kecil berhasil karena mudah, target sedang berhasil karena terbiasa untuk sesuatu yang kecil, target yang besar berhasil juga karena ada faktor learning proses dan percaya diri dari keberhasilannya dalam targer kecil maupun menegah…Luar biasa

Dikutip dari sebuah buku Leadership games penulis Adi Soenarno…..

Bagikan informasi tentang Leadership Game ( Lempar Gelang ) kepada teman atau kerabat Anda.

Leadership Game ( Lempar Gelang ) | Outbound di Batu Malang

Belum ada komentar untuk Leadership Game ( Lempar Gelang )

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami

Widget Area Footer Left

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!

Widget Area Footer Middle

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!

Widget Area Footer Right

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan