Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Kisah Inspiratif “Putih dalam hitam atau Hitam dalam putih” (sesion 1)

Kisah Inspiratif “Putih dalam hitam atau Hitam dalam putih” (sesion 1)

Diposting pada 8 August 2017 oleh admin

outboundmalangPutih dalam hitam, atau hitam dalam putih? adalah salah satu judul kisah dan catatan inspiratif seorang Best EQ trainer Indonesia Anthony Dio Martin. Kisah ini akan memulai dari beberapa kisah dan catatan inspiratif outbound di malang yang mampu memberikan semangat yang luar biasa untuk menjadi yang terbaik.

Semasa kecil, salah satu buku favorit saya adalah kisah karya penulis asal skotlandia yang terkenal, Robert Louis Stevenson, yakni “Dr.Jekyll and Mr.Hyde.” Dalam kisah luar biasa yang juga berkali-kali diangkat ke layar lebar ini, Robert Louis Stevenson bertutur soal seorang dokter setengah baya yang sangat terkenal dan dermawan. Tetapi, sayangnya, pada saat-saat tertentu, tokoh Dr.Jekyll ini kemudian akan berubah rupanya menjadi tokoh jahat bernama Mr. Hyde, yang bisa menendang-nendang anak perempuan kecil hingga kesakitan, dan meninggalkannya, bahkan ia bisa menghabisi nyawa orang. Dan perbuatan baik dan jahat ini, sebenarnya dilakukan oleh satu pribadi yang sama, yakni Dr. Jekyll alias Mr. hyde itu.

Kisah yang ditulis tahun 1886 ini ternyata memberikan banyak inspirasi bagi kisah-kisah fiksi berikutnya. Saya teringat, hingga sekarang kita mengenal tokoh-tokoh fiksi berkepribadian ganda, misalnya saja tokoh superhero anak-anak Hulk, si manusia hijau. Tatkala dalam kondisi normal, si Hulk, manusia raksasa adalah Dr. Bruce Banner yang pekerjaannya menolong orang. Tetapi, mengalami emosi yang tidak terkendali, Dr. Banner akan berubah menjadi mahluk hijau berkekuatan raksasa yang sulit terkendali. Maka, diceritakan bagaimana perjuangan Dr. Bruce mencari akal untuk menumpas “raksasa hijau” di dalam dirinya. Hal ini mirip dengan kisah Dr. Jekyll yang juga berusaha menemukan obat penawar untuk menenangkan Mr. hyde yang jahat dalam dirinya. Hanya saja, akhir cerita kedua tokoh tersebut sangatlah berbeda. Jika dalam Dr. Jekyll dan Mr. Hyde, Dr jekyll akhirnya menyerah dan bunuh diri, namun dalam tokoh Dr. Bruce justru berubah menjadi Hulk, si tokoh superhero yang membasmi kejahatan.

Begitulah kisah tersebut menjadi bahan kajian yang menarik soal sisi “baik” dan sisi “jahat” di dalam diri kita. Ada yang menyebut kisah-kisah tersebut sebagai kajian fiksi dari situasi kepribadian ganda (split personality). Tetapi, menariknya ada yang melihat dari sisi filosofis religius, yakni pertarungan antara kebaikan dan kejahatan, di dalam diri kita. Banyak yang melihat bahwa, kisah-kisah demikian sering menggambarkan realita kondisi manusia sejak penciptaan Adam dan Hawa, yakni pertarungan antara sisi “Tuhan/Malaikat” dan sisi “Iblis” di dalam diri manusia. Tampaknya, topik ini tidak akan pernah lekang dimakan waktu.

Sebenarnya kita tidak perlu memikirkan situasi yang terlalu heboh, misalkan soal keterbelahan pribadi kita, untuk menyaksikan pertarungan sisi jahat dan baik. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari,kedua sifat ini bertarung terus menerus dalam diri kita. Misalkan saja, ketika pagi-pagi terbangun, hari hujan dan anda merasa agak flu. Muncul sebuah pikiran,”udah,telpon aja ke kantor, bilang ijin karena sakit!.” Namun, di sisi lain ada suara,”jangan.kenapa harus cengeng.Gini aja kok mau minta ijin sakit.Ayo tujukkan dedikasi kerjamu.” Dan begitu banyak lagi pikiran pikiran yang keluar dan bertarung di kepala kita. Dan dari pertarungan pertarungan itu maka muncullah pertanyaan manakah yang akan menjadi pemenang?.

Pernyataan ini membawa saya kepada kisah suku indian terkenal tentang dua serigala dalam diri kita. Dikisahkan soal seorang anak indian beringas dan tidak terkendali emosinya. Suatu hari, dalam kondisi tak berdaya, ia mendatangi seorang tetua indian dan minta nasehat,”kek,bagaimana caranya mengendalikan sifat-sifat buruk saya.”Bukannya langsung menjawab, si kakek justru menceritakan sebuah kisah,”Tahukah kamu cucuku. Kita bangsa indian percaya bahwa didalam diri kita sebenarnya ada dua serigala. Satu serigala putih,yang baik dan ramah serta bahagia, serta satu lagi serigala hitam beringas dan jahat. dan keduanya selalu berantem dan bertarung dalam diri kita.”

 

Bagikan informasi tentang Kisah Inspiratif “Putih dalam hitam atau Hitam dalam putih” (sesion 1) kepada teman atau kerabat Anda.

Kisah Inspiratif “Putih dalam hitam atau Hitam dalam putih” (sesion 1) | Outbound di Batu Malang

Belum ada komentar untuk Kisah Inspiratif “Putih dalam hitam atau Hitam dalam putih” (sesion 1)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami

Widget Area Footer Left

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!

Widget Area Footer Middle

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!

Widget Area Footer Right

Anda dapat menambahkan widget pada widget area yang tersedia pada template ini. Tersedia 3 widget area yaitu footer left, midle dan right. Anda dapat melakukan pengaturan pada wordpress admin > Appereance > Widgets. Selamat mencoba!
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan